Sistem Operasi Windows [Pengertian, Sejarah, Versi. TERLENGKAP]
Sistem Operasi Windows [Pengertian, Sejarah, Versi. TERLENGKAP]

Pengetahuan Mengenai Sistem Operasi Windows Lengkap

Yuk cari tahu lebih dalam apa itu sistem operasi windows!

Sistem operasi berfungsi untuk mengelola semua perangkat luna dan perangkat keras yang terdapat dalam suatu komputer atau laptop. Pengguna tidak bisa menjalankan program aplikasi, kecuali program booting, apabila komputer atau laptopnya tidak memiliki sistem operasi.

Terdapat beberapa jenis sistem operasi yang digunakan pada komputer atau laptop. Beberapa jenis sistem operasi tersebut yaitu DOS, Windows, Linux, MacOs, Unix, dan lainnya yang tentunya setiap masing-masing sistem operasi memiliki keunggulannya masing-masing.

Saat ini sistem operasi yang umum digunakan yaitu sistem operasi Windows. Sistem operasi WIndows sudah hadir selama 10 tahun dan sekarang Microsoft memperkenalkan sistem operasi terbarunya yaitu Windows 10.

Penasaran sama sistem operasi Windows yang kamu gunakan? Simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini ya!

Mengenal Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai antarmuka dan pengatur semua sumber daya yang tersedia di perangkat komputer atau laptop.

Sistem operasi berperan sebagai penghubung antara software (aplikasi dan program), hardware (CPU, keyboard, monitor, dll), serta brainware (pengguna atau manusia).

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi memiliki beragam fungsi, diantaranya:

  1. Sebagai pengatur hardware
  2. Untuk menjalankan perintah dasar pada perangkat komputer ataupun laptop
  3. Menerjemahkan bahasa pemrograman ke dalam bentuk grafis sehingga lebih mudah digunakan
  4. Mengorganisir dan mengatur beragam aplikasi
  5. Mengoptimalkan kinerja komputer

Jenis-Jenis Operating System

Berikut ini yaitu jenis-jenis dari sistem operasi komputer atau laptop yang sebaiknya kamu ketahui:

1. DOS

Sistem Operasi Windows [Pengertian, Sejarah, Versi. TERLENGKAP]
Ilustrasi (pixabay.com)
Disk Operating System atau disingkat DOS merupakan awal mula metode sistem operasi komputer yang digunakan oleh IBM. Dengan kata lain DOS merupakan nenek moyang dari sistem operasi komputer yang dimiliki MIcrosoft saat ini.

Tampilan pada DOS masih terbilang jadul berwarna hitam putih, hanya tulisan, tidak terdapat gambar di dalamnya dan belum ada antarmuka. Selain itu, proses memasukkan instruksinya juga masih menggunakan tulisan yang dikenal dengan istilah command prompt.

Kelebihan dari sistem operasi DOS yaitu:

  • Ringan sehingga tidak membutuhkan banyak memori
  • Ukurannya kecil
  • Memiliki kompatibilitas yang tinggi

Kekurangan dari sistem operasi DOS yaitu:

  • Belum terdapat antarmuka
  • Instruksi hanya berupa tulisan
  • Tidak terdapat grafis di dalamnya

2. Linux

Sistem Operasi Windows [Pengertian, Sejarah, Versi. TERLENGKAP]
Ilustrasi (pixabay.com)
Sistem operasi Linux pertama kali deperkenalkan oleh Linus Torvalds di tahun 1991. Sistem operasi Linux memiliki sifat open source, yang memungkinkan para penggunanya untuk bisa memodifikasi dan mendistribusikan kembali sistem operasi Linux secara bebas tanpa menggunakan lisensi.

Pengguna Linux seringkali memasang melakukan kofigurasi sendiri untuk keperluannya masing-masing, seperti membangun sistem tersendiri. Sistem operasi Linux juga bisa digunakansebagai sistem operasi untuk komputer server.

Pengguna Linux mayoritas paham akan teknologi, sehingga perkembangannya lebih pesat apabila dibandingkan dengan sistem operasi Windows atau MacOs.

Kelebihan dari sistem operasi Linux, yaitu:

  • Open source
  • Gratis atau tidak ada biaya lisensi
  • Perkembangannya sangat cepat, karena dikembangkan oleh banyak orang

Kekurangan dari sistem operasi Linux, yaitu:

  • Tidak dianjurkan digunakan bagi pengguna awam
  • Aplikasinya terbatas
  • Cara installnya susah

3. MacOs

Sistem Operasi Windows [Pengertian, Sejarah, Versi. TERLENGKAP]
Ilustrasi (pixabay.com)
MacOs merupakan singkatan dari Machintosh Operating System. MacOs merupakan sistem operasi eksklusif yang hanya terdapat pada perangkat komputer atau laptop Apple saja.

MacOs pertama kali diluncurkan pada tahun 1984 yang digunakan untuk komputer yang bernama LISA yang merupakan hasil racikan Steve Jobs setelah menempuh perjalanan ke India.

Kelebihan dari sistem operasi MacOs yaitu:

  • Lebih stabil
  • Memiliki tampilan antarmuka yang cocok untuk keperluan multimedia
  • Aman dari beragam macam virus
  • Memiliki keamanan yang tinggi
  • Tidak mudah untuk diretas

Kekurangan dari sistem operasi MacOs yaitu:

  • Harganya mahal
  • Kinerjanya kurang optimal apabila digunakan untuk gaming
  • Tidak bersifat open source

4. UNIX

[Pengertian, Sejarah, Versi. TERLENGKAP]
Ilustrasi (pixabay.com)
Unix memiliki kesamaan dengan sistem operasi DOS, yaitu merupakan sistem operasi komputer generasi lama yang banyak digunakan sebagai awal mula sistem operasi masa kini.

Saat ini Unix, sudah memiliki beragam versi. Namun, walaupun begitu pemakaiannya sudah sangat jarang digunakan.

Kelebihan dari sistem operasi Unix yaitu:

  • Gratis
  • Tidak mudah terkena virus

Kekurangan dari sistem operasi Unix yaitu:

  • Memiliki tampilan yang kurang menarik
  • Tidak memiliki banyak pilihan driver

5. Sistem Operasi Windows

[Pengertian, Sejarah, Versi. TERLENGKAP]
Ilustrasi (pixabay.com)
Windows merupakan suatu sistem operasi yang saat ini paling banyak digunakan oleh pengguna komputer atau laptop. Penggunaan dari sistem operasi Windows bisa sangat membantu dalam mengakomodir kebutuhan sehari-hari mulai dari komputer instansi, akademisi, hingga kebutuhan pribadi.

Penggunaan sistem operasi WIndows saatini mengalahkan Linux dan juga sistem operasi lainnya.

Sistem operasi Windows merupakan hasil revolusi dari DOS yang merupakan suatu sistem operasi yang berbasi tulisan tanpa gambar di dalamnya.

Perjalanan Sistem Operasi Windows

Sistem Operasi Windows [Pengertian, Sejarah, Versi. TERLENGKAP]
Ilustrasi (pixabay.com)
Saat ini sistem operasi Windows sudah hadir dalam versi terbarunya yaitu Windows 11. Sistem operasi Windows sudah berjalan selama 29 tahun dan sudah memiliki 15 versi sistem operasi, mulai dari Windows 1 hingga Windows 11.

Mari kita simak perjalanan sistem operasi Windows, mulai dari Windows 1 hingga Windows 11 dalam penjelasan di bawah ini.

1. Versi 1

Bill Gates dan Paul Allen merilis sistem operasi untuk PC pertama kali pada bulan November tahun 1985 yang diberi nama Windows 1.

Tampilan yang dimiliki WIndows 1 sangat sederhana. Di dalamnya terdaoat jendela aplikasi yang tersusun rata dan terbagi rata dalam tiga kolom.

Windows 1 memiliki beberapa fitur, mulai dari ikon jam, game, DOS Executive yang digunakan untuk melihat penyimpanan file, hingga software pengolah kata.

Windows 1 berjalan dengan menggunakan MS-DOS. Pada Windows 1 pengguna bisa menggunakan PC dengan menggunakan mouse, menampilkan teks, serta gambar pada layar komputernya.

Walaupun saat itu sudah tersedia mouse, namun penggunaannya masih belum sering dan belum terbiasa. Sehingga Microsoft membuat sebuah game yang bernama Reversi, yang hanya bisa dimainkan dengan menggunakan mouse.

Adapun pembuatan game tersebut agar pengguna Windows 1 terbiasa dalam menggunakan mouse.

2. Versi 2

Windows 2 muncul 2 tahun setelah kehadiran Windows 1 atau lebih tepatnya pada bulan Desember 1987. Windows 2 muncul dengan lebih banyak inovasi apabila dibandingkan dengan Windows 1.

Inovasi tersebut diantaranya kemampuan jendela aplikasi yang bisa tumpang tindih dengan aplikasi lainnya hingga fitur minimize dan maximize apllikasi.

Pada versi ini, Microsoft memperkenalkan fitur control panel, yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses berbagai macam pengaturan sistem dan konfigurasi untuk komputer yang digunakannya.

Hingga saat ini fitur control panel masih terus dipertahankan.

Selain itu, pada Windows 2 juga terdapat Microsoft Excel dan Microsoft Word.

3. Versi 3

Windows 3 hadir pada tahun 1990.

Tampilan Windows 3 sudah lebih berwarna dan modern apabila dibandingkan kedua versi sebelumnya.

Beberapa ikon yang berwana hitam putih pada Windows 2, jadi berwarna pada Windows 3.

Selain itu pada Windows 3 juga terdapat game berupa permainan kartu yang bernama Solitaire.

4. Versi 3.1

Dua tahun dari munculnya Windows 3, MIcrosoft meluncurkan kembali versi terbarunya di tahun 1992. Bukannya menggunakan nama WIndows 4, Microsoft meluncurkan versi terbarunya dengan nama Windows 3.1

Pada versi 3.1, terdapat inovasi berupa adanya font TrueType (TrueTypeFont/ttf). Selain itu, pada versi ini Microsoft juga menghadirkan game Minesweeper.

5. Versi 95

MIcrosoft merilis Windows versi terbarunya di tahun 1995 dengan nama Windows 95.

Windows 95 memiliki beberapa pembaruan, mulai dari adanya tombol start dengan logo jendela khas Microsoft hingga taskbar di bawah layar dan adanya Internet Explorer.

6. Versi 98

Tiga tahun dari munculnya Windows 95 atau pada Juni 1998, Microsoft kembali meluncurkan Windows versi terbarunya yang diberi nama Windows 98.

Pada versi ini, Microsoft menyediakan fitur Outlook Express, Window Address, Microsoft Chat dan Netshow Player (saat ini dikenal dengan Windows Media Player).

pada sistem operasi Windows 98, Microsoft pertama kali menghadirkan tombol navigasi back dan forward pada adress bar yang terdapat di Windows explorer.

Microsoft juga merilis Windows 98 edisi ke 2 yaitu pada tahun 1999.

7. Versi ME

Di bulan September 2000, Microsoft merilis Windows versi terbarunya yaitu Windows ME. Windows ME tidak memiliki perubahan yang signifikan apabila dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Sistem operasi WIndows ME memiliki konsumen dari pasar perusahaan, karena versi ini memiliki fitur penting seperti adanya pemulihan sistem yang lebih otomatis.

Internet Explorer versi 5.5, Windows Media Player 7, dan Windows Movie Maker muncul pertama kali pada Windows ME.

8. Versi 2000

Mayoritas konsumen dari sistem operasi Windows 2000 merupakan pengguna yang berasal dari kalangan perusahaan.

Windows versi 2000 merupakan versi pertama yang mendukung opsi hibernate yaitu gabungan antara mode shut down dan sleep ketika mematikan perangkat komputer ataupun laptop.

9. Versi XP

Di bulan Oktober 2001, Microsoft kembali meluncurkan versi terbarunya yaitu Windows XP. Versi ini memiliki perubahan pada bagian tombol start dan taskbar.

Tombol start pada WIndows XP berubah menjadi warna hijau sedangkan logo Microsoft pun diubah jadi lebih modern.

Bagian taskbar yang sebelumnya berwarna abu-abu, pada versi ini jadi berwarna biru. Untuk pertama kalinya, pada versi Windows XP terdapat fitur bawaan untuk melakukan burning CD.

Windows XP muncul di pasaran selama 13 tahun dan baru dipensiunkan pada tahun 2014.

10. Versi Vista

Microsoft kembali merilis versi terbarunya pada tahun 2007 dengan menggunakan nama Windows Vista. Pada Windows Vista, tampilan yang terlihat jauh lebih transparan dibandingkan dengan tampilan pada versi sebelumnya.

Pada versi ini juga muncul Windows Media Player 11, Internet Explorer 7, serta Windows Defender untuk yang pertama kalinya.

Sistem operasi Windows XP memiliki fitur pengenalan suara, Windows DVD Maker, dan galeri foto.

Windows Vista juga merupakan Windows versi pertama yang didistribusikan dalam bentuk DVD.

11. Versi 7

Windows 7 dirilis pada bulan Oktober 2007. Segi tampilan yang dimiliki Windows 7 masih terlihat transparan seperti pada Windows Vista.

Windows 7 memiliki kinerja yag lebih cepat, stabil, dan lebih mudah digunakan apabila dibandingkan dengan Windows Vista. Pada versi ini, Microsoft memperkenalkan fitur terbarunya yaitu pengenalan tulisan tangan.

Selain itu, Windows 7 juga memiliki fitur tangkap layar atau screenshot dan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah ukuran jendela secara lebih cepat dan otomatis.

12. Versi 8

Di bulan Oktober 2012, Microsoft kembali meluncurkan Windows versi terbarunya yaitu Windows 8.1.

Windows 8.1 memiliki pembaruan antarmuka yang paling banyak apabila dibandingkan dengan pembaruan yang terjadi pada versi-versi sebelumnya.

Pada Windows 8.1 tidak terdapat tombol dan menu start pada desktop. Hal tersebut dilakukan agar sistem operasi Windows bisa lebih ramah dengan prangkat yang memiliki layar sentuh.

Tombol start pada desktop diganti dengan start screen. Microsoft juga mengganti tampilan ikon program di menu start menjadi bentuk widget yang disusun dalam tiles.

13. Versi 8.1

Windows 8.1 dirilis pada bulan Oktober 2013. Windows 8.1 memiliki perbedaan pada bagian tombol start. Di versi ini, MIcrosoft kembali menyertakan tombol start pada desktop.

14. Versi 10

Windows 10 diluncurkan oleh MIcrosoft pada tahun 2015. Windows 10 memiliki beberapa fitur baru, seperti teknologi personal asisstant Cortana hingga keamanan yang berbasis pada pengenalan wajah dan mata.

SIstem operasi Windows 10 bersifat lintas platform atau bisa digunakan di beragam perangkat seperti PC, tablet, hingga smartphone.

15. Versi 11

Saat ini Microsoft kembali merilis versi terbarunya yaitu Windows 11. Microsoft melakukan perubahan yang sangat besar pada  Windows versi ini.

Perubahan dimulai dari desain antarmuka (UI), pembaruan fitur manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, hingga dukungan aplikasi Android.

Pada bagian antarmuka, perubahan yang paling terlihat yatiu bagian taskbar dan menu start. Menu yang awalnya terdapat di bagian kiri, kini pindah ke sisi tengah seperti tampilan pada sistem operasi MacOs.

Selain itu, terdapat perubahan lainnya yaitu tampilan jendela tugas yang kini sudutnya lebih sedikit membulat.

Tema UI yang terdapat pada Windows 11 juga lebih transparan dan segar dari tema pada versi sebelumnya.

Pada versi ini terdapat fitur baru berupa Snap Layout, Snap Group, dan Desktop yang mampu memudahkan pengguna untuk mengatur lebih banyak jendelan dan mengaksesnya dengan cepat ketika sedang melakukan multitasking.

Nah, sekian artikel mengenai sistem operasi Windows. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan kamu.

Terima kasih!

Leave a Reply